Bus
adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer.
Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi
yang dapat digunakan bersama.
System bus
atau bus sistem, dalam arsitektur komputer
merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua
komponennya dalam menjalankan tugasnya. Bila dua buah perangkat melakukan
transmisi dalam waktu yang bersamaan, maka sinyal-sinyalnya akan bertumpang
tindih dan menjadi rusak. Dengan demikain, hanya sebuah perangkat saja yang
akan berhasil melakukan transimi pada suatu saat tertentu. Data atau program
yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui
perantara System bus atau bus sistem.
Struktur
bus
Sebuah bus sistem
terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran
ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan
bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga
kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan saluran kontrol. Selain itu,
terdapat pula saluran distribusi daya yang memberikan kebutuhan daya bagi modul
yang terhubung.
1) Bus data
adalah
lintasan bagi perpindahan
data antar modul. Jumlah
saluran terkait dengan panjang word, misalnya 8, 16, 32 saluran dengan
tujuan agar mentransfer word dalam
sekali waktu, contoh
bus data terdiri
dari atas 8
saluran sehingga dalam
satu waktu dapat mentransfer data
8 bit. Jumlah
saluran dalam bus
data dikatakan lebar
bus, dengan satuan bit, misal
lebar bus 16 bit.
2) Bus
alamat
digunakan untuk
menspesifikasi sumber dan tujuan data pada bus data. Saluran ini digunakan untuk
mengirim alamat word pada memori yang akan diakses CPU. Juga digunakan
untuk saluran alamat
perangkat modul komputer saat
CPU mengakses suatu modul.
3) Bus kontrol
digunakan untuk mengotrol bus
data, bus alamat
dan seluruh modul yang ada.
Karena bus data
dan bus alamat
digunakan oleh semua
komponen maka diperlukan suatu mekanisme kerja yang dikontrol melalui
bus kontrol ini. Sinyal-sinyal kontrol
terdiri dari atas sinyal pewaktuan yang menandakan validitas data dan alamat,
dan sinyal-sinyal perintah berfungsi membentuk suatu operasi. Umumnya,
saluran kontrol meliputi :
Memory write :
Menyebabkan data pada bus akan dituliskan ke dalam lokasi alamat.
Memory read :
Menyebabkan data dari lokasi alamat ditempatkan pada bus
I/O Write :
Menyebabkan data pada bus di outputkan ke port I/O yang beralamat.
I/O Read : Menyebabkan data dari port I/O yang beralamat
ditempatkan pada bus.
Transfer ACK : Menunjukkan bahwa
data telah diterima dari bus atau telah ditempatkan di bus.
Interrupt Request : Menandakan bahwa
sebuah interrupt ditangguhkan.
Interrupt ACK : Memberitahukan
bahwa interrupt yang ditangguhkan telah diketahui.
Clock : Digunakan
untuk mensinkronkan operasi – operasi.
Reset :
Menginisialisasi seluruh modul.
Elemen
Perancangan bus
1)
Jenis Bus
a. Dedicated
Penggunaan
alamat terpisah dan jalur data. Keuntungannya adalah Throughtput yang
tinggi, dan kerugiannya adalah meningkatnya ukuran dan biaya sistem
b. Multiplexed
Penggunnaan
saluran yang sama untuk berbagai keperluan. Keuntungannya adalah Memerlukan
saluran yang sedikit menghemat ruang dan biaya, kekurangannya yaitu diperlukan
rangkaian yang lebih kompleks untuk setiap modul
2) Metode Arbitrasi
Menugaskan
sebuah perangkat, CPU atau I/O yang bertindak sebagai master
a.
Tersentralisasi
Pengontrol bus atau arbitrer bertanggung jawab atas alokasi waktu
pada Bus
b.
Terdistribusi
Modul-modul bekerja sama untuk memakai Bus bersama-sama
3) Lebar Bus
a. Address
: Lebar bus alamat mempengaruhi kapasitas. Semakin lebar bus alamat,
semakin besar range lokasi yang dapat
b. Data
: Lebar bus data mempengaruhi kinerja sistem. Semakin lebar bus data
semakin besar bit yang dapat ditransfer pada suatu waktu
4) Timing
Timing berkaitan
dengan cara terjadinya event yang dikoordinasikan pada Bus
a. Sinkron: Terjadinya
event pada bus ditentukan oleh sebuah clock
b. Asinkron
: Terjadinya event bus mengikuti dan tergantung pada event sebelumnya
5) Jenis Transfer Data
a. Read
: Slave menaruh data pada bus data begitu slave mengetahui alamat dan
mengambil datanya
b. Write
: Master menaruh data pada bus data saat alamat stabil dan slave mempunyai
kesempatan untuk mengetahui alamat.
Contoh – contoh Bus
Bus
ISA
: Industri computer personal lainnya merespon perkembangan ini dengan
mengadopsi standarnya sendiri, bus ISA (Industry Standar Architecture), yang
pada dasarnya adalah bus PC/AT yang beroperasi pada 8,33 MHz. Keuntungannya
adalah bahwa pendekatan ini tetap mempertahankan kompatibilitas dengan mesin-mesin
dan kartu-kartu yang ada.
Bus PCI : Peripheral Component Interconect (PCI) adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. Standar PCI adalah 64 saluran data pada kecepatan 33MHz, laju transfer data 263 MB per detik atau 2,112 Gbps. Keunggulan PCI tidak hanya pada kecepatannya saja tetapi murah dengan keping yang sedikit.
Bus USB : Semua perangkat peripheral tidak efektif apabila dipasang pada bus kecepatan tinggi PCI, sedangkan banyak peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer. Sebagai solusinya tujuh vendor computer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northen Telecom) bersama-sama meranccang bus untuk peralatan I/O berkecepatan rendah. Standar yang dihasilakan dinamakan Universal Standard Bus (USB).
Bus SCSI : Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipo[ulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuan besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8,16, atau 32 saluran data.
Bus Prosessor :
Disebut juga dengan front-side bus
(FSB), merupakan bus tercepat pada komputer dan merupakan inti dari chipset
(dan motherboard). Utamanya, bus ini di gunakan oleh mikroprosesor untuk
melewatkan informasi ke / dari chache atau memori utama, dan juga ke chipset
north-bridge. Bus prosessor pada komputer sekarang berjalan pada kecepatan
66MHz, 100MHz, 133MHz,atau 200Mhz menggunakan lebar
jalur data 64 bit (8 byte).
Bus AGP : singkatan
dariAccelerated Graphics Port
adalah
sebuah busyangdikhususkan
sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus
VESAatau bus PCIyang
sebelumnya digunakan. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi
memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu,secara fisik, logis dan
secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI.Tidak seperti bus PCI
yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuahsistem, hanya
boleh terdapat satu buah slot AGP saja.
Prinsip Operasi Bus
v Operasi
mengirim data ke modul
-
Meminta penggunaan bus.
-
Apabila
telah disetujui, modul
akan memindahkan data yang
diinginkan ke modul yang dituju.
v Operasi
meminta data dari modul lainnya
-
Meminta penggunaan bus.
-
Mengirim request ke modul yang dituju melalui saluran
kontrol dan alamat yang sesuai.
-
Menunggu modul yang dituju mengirimkan data yang
diinginkan.
FUTURE BUS+
Adalah
standar bus asinkron berkinerja tinggi yang dibuat oleh IEEE. Tanda plus
berkaitan dengan sifat pengembangan spesifikasinya, dan pengait yang tersedia
memungkinkan evolusi lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan
arsitektur aplikasi tertentu yang tidak dapat diantisipasi. Komite future bus+
mendefinisikan beberapa syarat menjadi dasar rancangan , bus harus :
-
Tidak tergantung pada arsitektur, proses, dan
teknologi tertentu
-
Memiliki protocol transfer asinkron dasar
-
Mengizinkan protocol tersinkronsasi pada sumber untuk
kebutuhan optimal
-
Tidak berdasarkan teknologi canggih
Pentingnya
future bus+ adalah kecenderungan yang dapat mendukung pola bus mikroprosesor
saat ini.
Future bus+
merupakan spesifikasi bus yang kompleks, future bus+ memberikan konsep – konsep
inovative dalam bidang rancangan bus. Akibatnya, standarisasinya meliputi
jumlah istilah – istilah baru dan diperbaharui dengan cepat dalam beberapa
tahun mendatang.
Perbedaan
penting antara PCI dan Future bus+ :
PCI
ditujukan bagi implementasi murah yang membutuhkan bidang fisik secara minimal,
sedangkan future bus+ dimaksudkan untuk memberi fleksibilitas yang tinggi dan
luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar